Rahasia Lee Kuan Yew

 DI bawah Lee Kuan Yew, Singapura membuat ketentuan Intern Security Act (ISA), yang meluluskan pemerintahan meredam seorang tiada proses hukum dengan alasan keamanan nasional. Walau perkembangan ekonomi Singapura mencitrakan muka liberal seperti beberapa negara dunia pertama, kenyataannya Singapura masih junjung cara represif dalam hadapi inspirasi masyarakatnya sendiri.

"Walau ada pemilu periodik yang dikerjakan dengan jujur, serta ketentuan pemilu yang meluluskan seluruh partai untuk berperan Mengenal Ayam Petarung Terbaik di 188max  serta (terkecuali Partai Komunis), ada penyitaan jadwal sosial serta diplomatis oleh elite pimpinan mempunyai makna warga sudah didepak secara efisien dari keterlibatan politik," catat Stephen Mccarthy dalam The Political Theory of Tyranny in Singapore and Burma.

close


Minimal sudah 2x ISA ditandatangani serta tinggalkan trauma untuk mereka sebagai korbannya. Pertama di tahun 1963 (Operation Coldstore), serta ke-2 tahun 1987 (Operation Spectrum). Pemerintahan ambil alasan pembersihan atas upaya-upaya subversif pergerakan kiri dalam ke-2 masalah itu.

Operation Coldstore secara efisien menumpas pergerakan kiri, sekalian pesaing-rival politik Lee dari Barisan Sosialis, beberapa waktu saat sebelum penyeleksian umum 1963 dikerjakan. Oleh karena itu beberapa korban itu yakini apa yang menerpa mereka ialah satu perlakuan keji yang murni diplomatis.


"Kenyataannya ada penahanan tiada pengadilan lewat ISA, metode hukum yang mengolok-olok ide dibanding satu hukum tersebut. ISA ialah hukum di luar hukum tersebut. Waktu kamu ditahan di bawah ISA, kamu tidak memperoleh pelindungan hukum berbentuk apa saja," tutur Lim Hock Siew untuk 2009, sambil ingat saat ia dipermainkan oleh petugas hukum saat minta kepastian masalah penangkapannya pada tahun 1963.


Said Zahari, tahanan politik yang lain bercerita bagaimana keadaan keras dalam tahanan. Dimulai dari ketidaktahuan masalah posisi tahanan mereka, tindakan berhenti makan untuk menampik kerja paksa, sampai stres yang mengakibatkan usaha bunuh diri Lim Chin Siong, pesaing penting Lee dalam berebutan dampak politik di Singapura saat sebelum ia ditahan.

Popular posts from this blog

Very most Important Psychological Knowledge TED Chats on YouTube

They are the UK's most famous chimes, and one of the most recognisable sounds around the world.

Trouble paying bills can take a heavy toll on fathers’ mental health